Pages

Labels

Sabtu, 30 November 2013

Minder Alias Kurang Percaya Diri

Pendahuluan

Sikap minder adalah keadaan dalam diri manusia sebagai akibat dari perasaan-perasaan yang tertekan berupa rendah diri, kurang pergaulan, perasaan takut, pesimis yang berlebihan, tegangan-tegangan emosi antara keinginan untuk mencari pengakuan yang positif.

Ciri-Ciri sikap minder, yakni :
  1. Selalu berpikir negative terhadap diri sendiri.
  2. Suka menyendiri.
  3. Terlalu berhati-hati ketika berhadapan dengan orang lain sehingga pergerakannya kelihatan kaku.
  4. Pergerakannya agak terbatas, seolah-olah sadar yang dirinya memang mempunyai banyak kekurangan.
  5. Berasa curiga terhadap orang lain
  6. Tidak percaya bahwa dirinya memiliki kelebihan
  7. Sering menolak apabila diajak ke tempat-tempat yang ramai orang.
  8. Beranggapan bahwa orang lainlah yang harus berubah,
  9. Menolak tanggung jawab hidup untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Penyebab Rasa Minder
  1. Pengaruh Lingkungan.
  2. Diremehkan atau dikucilkan dari pergaulan 
  3. Hasil didikan orang tua yang penuh oleh larangan 
  4. Kebiasaan orang tua yang suka memarahi kesalahan anak, tapi tak pernah memuji atau menghargai bila si anak melakukan hal yang baik,
  5. Kurang kasih sayang dari keluarga.
  6. Tertular sifat orang tua atau keluarga yang minder 
  7. Trauma kegagalan di masa lalu 
  8. Trauma atas kejadian buruk di masa lalu 
  9. Merasa bentuk fisik tidak sempurna 
  10. Merasa berpendidikan rendah
Tips Mengatasi Keminderan Atau Kurang Percaya Diri
 
  1. Berpikir positif. Tekankan pada diri Anda bahwa Anda patut dihargai.
  2. Hadapi rasa takut jangan dihindari. Toh ia tidak akan berakibat seburuk yg anda kira. Melawan rasa takut akan menambah percaya diri anda.
  3. Hargai diri sendiri. Hargailah Anda sebagai Ciptaan Tuhan karena Anda telah berhasil dalam berbuat sesuatu. Bila tidak mengapa orang lain mesti menghargai anda? Bukankah akan lebih mudah apabila anda membantu dan menghargai diri sendiri?
  4. Kenali Diri. Mengenali diri merupakan bagian tersulit dalam proses menghargai diri. Mengenali diri merupakan sebuah proses yang menuntut kejujuran kita dalam melihat dan mengevaluasi diri. Hanya dengan kejujuran inilah kita bisa mengidentifikasi keunggulan kita dan hal-hal dalam diri kita yang masih perlu kita perbaiki ataupun kembangkan lebih lanjut. Dengan mengenal diri kita dengan baik, kita bisa memilih strategi terbaik untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Jika kita telah mengenal diri dengan baik, kita bisa memahami kekuatan kita yang bisa kita “bagikan” kepada orang lain. Kita juga bisa memahami apa yang bisa kita pelajari dari orang lain.
  5. Atasi Kelemahan Anda. Hal yang satu ini sering kali sulit kita lakukan. Kita seringkali tidak mau mengakui kelemahan kita. Kita sering kali mengandalkan penilaian orang lain semata terhadap kelemahan kita. Padahal sebenarnya jika kita jujur, kitalah orang yang seharusnya lebih tahu kelemahan kita sendiri.
  6. Lupakan kegagalan masa lalu. Biasanya kegagalan juga dapat membuat kita merasa minder/rendah diri, tapi yang kita harus lakukan dari kegagalan, belajarlah dari kesalahan itu tetapi janganlah mengira sesuatu itu salah sebelum ia akan terjadi lagi. Hindari membuat kesalahan yg sama, tetapi jangan membatasi diri anda, dengan mengira bahwa anda gagal sebelumnya sehingga tidak akan bisa berhasil kali ini. Coba lagi, maka anda akan menjadi lebih bijak dan lebih kuat. Jangan terperangkap pada masa lalu.
Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan rasa percaya diri, untuk berbicara di depan umum, yaitu dengan:
  1. Berpikir Positif.  Tekankan berulang-ulang pada diri Anda “Saya bisa. Tenang saja. Saya berani. Orang lain bisa, saya pasti bisa”. 
  2. Menengkan Diri. Kenapa harus grogi? Anggap saja yang di depan Anda adalah keluarga Anda. Jadi, tampilah se-rileks mungkin. Dengan rileks, Anda dapat focus pada apa yang akan Anda sampaikan 
  3. Hilangkan Rasa Ingin Tampil Sempurna. Mengapa Anda cemas? Karena Anda ingin tampil sesempurna mungkin. Padahal, sudah jelas kita manusia, tidak ada yang sempurna.  
  4. Menjernahkan Pikiran. saat Anda merasa cemas, saat itulah pikiran Anda sedang dipenuhi kalimat-kalimat negatif, seperti “aduh, kalau salah gimana ya” “aduh, gimana ntar kalo aku dipermalukan didepan kelas”. Nah pemikiran seperti inilah yang harus dihilangkan.
  5. Kuasai Materi. (a) Sebelum Anda berbicara di depan umum, pahamilah apa yang ingin Anda sampaikan, focus dan konsentrasi. (b) Berlatih dan Berlatih.
Berbicara Di Depan Umum

Berbicara umum merupakanBerbicara di depan umum adalah suatu proses komunikasi dimana satu orang yang berbicara kepada kelompok orang banyak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbicara di depan umum, yakni: 
  1. Posisi Berdiri. Berdirilah di tempat yang dapat dilihat oleh seluruh peserta. Jangan memunggungi peserta dan jangan menutupi pandangan peserta terhadap obyek yang harus mereka lihat, misalnya tulisan atau praktek kegiatan tertentu.  
  2. Kontak Mata. Tataplah mata peserta dengan tenang. Jangan pernah melihat ke tempat lain, apalagi ke tempat kosong. Kontak mata akan memastikan bahwa peserta mengikuti pembicaraan kita.
  3. Mimik. Tunjukkan perasaan Anda dengan jujur. Jika anda merasa lucu, tertawalah. Jika anda agak grogi atau gugup, katakanlah , jika anda cemas, katakanlah alasannya. Peserta akan bersimpati pada anda, dan anda akan berkembang ketika mampu mengatakan hal tersebut. 
  4. Kejelasan Bicara: Artikulasi dan Nada. Artikulasikan setiap huruf dengan sebaik-baiknya dengan cara yang benar.  Sesekali berilah intonasi nada bicara yang berirama, meninggi atau melemah sesuai kepentingan. 
  5. Jadilah Diri Sendiri. Jangan pernah berusaha menjadi orang lain atau menjadi imitasi orang lain.  Jadilah dirimu sendiri, karena gaya setiap orang adalah unik.
  6. Melibatkan Peserta. Sapalah peserta di awal pembicaraan dengan menanyakan kabar mereka serta hal-hal ringan dalam kegiatan keseharian. 

Sumber:



3 komentar:

  1. Manfaat Aktivasi Rejeki :

    Menetralisir rintangan kehidupan/energi negatif dengan metode getaran. Energi negatif yang minim akan mempermudah pencapaian target kehidupan. Anda akan kami ajarkan metodenya sehingga mampu melakukan ruwatan/pembersihan pada diri sendiri.

    * Peningkatan kualitas keberuntungan.

    * Lebih tenang, sabar, mudah bersyukur dan percaya diri.

    * Mampu mentransfer energi untuk keperluan seperti : peningkatan omset, peningkatan karir, lebih cepat mendapatkan jodoh dll


    http://pelatihanintienergi.com/pelatihan-aktivasi-rejeki.php

    0812 8202 7639 / 085 777 269 266

    BalasHapus
  2. http://zainurrohmans.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Mampir juga gaes dimyblog
    http://zainurrohmans.blogspot.com

    BalasHapus