Pages

Labels

Selasa, 05 Januari 2016

TULISAN 1: MASAKAN TRADISIONAL INDONESIA YANG TERKENAL DI DUNIA

Masakan Tradisional Indonesia Yang Terkenal di Dunia 

1. Rendang


Rendang berhasil menggapai rangking pertama dalam survey CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang adalah salah satu masakan yang berasal dari daerah Sumatera Barat berupa daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa, kunyit, cengkeh, dan kaya akan rempah-rempah lainnya.  Rendang yang memiliki citarasa pedas ini dapat ditemukan di setiap rumah makan padang di seluruh dunia. Rendang populer di negara-negara Asia Tenggara seperti di Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

2. Gudeg


Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuatnya.  Gudeg terkenal hingga ke mancanegara tentunya tak lepas dari kunjungan wisatawan ke kota Yogyakarta yang merasakan kelezatan dari hidangan ini. Pada umumnya, untuk menyantap Gudeg ini ditemani dengan lauk lainnya ,seperti tempe bacem, telor kecap, ayam kecap dan lain sebagainya. 

3. Soto 


Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak varian, tergantung daerahnya. Ada soto betawi, soto padang, soto madura, soto makasar dan lain sebagainya. Misalnya soto betawi berkuah santan dan isinya jeroan, kentang , tomat, kemiri, lengkuas dan segala rempah-rempah lainnya. 

4.  Sate Lilit


Sate lilit merupakan masakan tradisional yang berasal dari Bali, yang berbahan dasar ikan tuna, tenggiri atau kakap tanpa tulang,  dengan cara penyajiannya yang dililitkan seperti sate. Teman untuk menyantap sate lilit ini biasanya sambal matah atau sup ikan tuna. 

5. Gado-Gado


Gado Gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng dan sedikit emping goreng atau ada juga yang memakai kerupuk udang. Gado-gado sekilas mirip salad, hanya bedanya di siram diatasnya dengan bumbu kacang, inilah yang menimbulkan rasa ingin tahu bagi wisatawan untuk mencicipinya

Demikian beberapa masakan tradisional Indonesia yang secara umum telah mendunia.

SUMBER :
http://u.msn.com/id-id/kuliner/beritakuliner/50-makanan-khas-negara-negara-di-dunia/ss-AA83YxX
https://dianmahayanti.wordpress.com/makanan-tradisional/10 makanan-indonesia-yang-terkenal-di-duni/
http://ayosebarkan.com/50-makanan-terenak-dari-berbagai-negara/
http://www.klikhotel.com/blog/kuliner-indonesia-yang-terkenal-hingga-ke-luar-negeri/

0 komentar:

Posting Komentar