Pages

Labels

Selasa, 17 Maret 2015

KASUS 2-1 APAKAH KLASIFIKASI AKUNTANSI TELAH KETINGGALAN ZAMAN

PENYELESAIAN KASUS 2-1

Pertanyaan Kasus :
1. Apakah anda setuju dengan pendapat yang     dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermafaat dan ktinggalan zaman?Mengapa atau mengapa tidak?

2. Beberapa pengamat berpendapat  bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dikalangan “kelas dunia” perusahaan-perusahaan multinasional terbesar diduni dan khususnya yang mencatatkan sahamnya dibursa efek utama seperti London, New York dan Tokyo.
Apakah relevansinya pendapat para pengamat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Jawaban :

1.  Saya kurang setuju jika klasifikasi akuntansi terbilang sederhana dan kurang relevan, karena setelah diamati bahwa terbentuknya proses pengelompokkan atau klasifikasi akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi dan politik, faktor historis, lingkungan, budaya dan telah mengalami perkembangan dan penyesuaian secara bertahap dalam penerapannya. 

2. Relevansinya pendapat diatas dengan. klasifikasinya yakni standar pelaporan yang telah ditetapkan  secara internasional dan penetapan tersebut bergantung pada pengklasifikan akuntansi dan hal-hal yang terkait lainnya. Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan hal ini dikarenakan fungsi akuntansi salah satunya sebagai suatu media untuk mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan mengharuskan par profesional berfokus pada hal ini untuk menciptakan suatu standar pelaporan yang wajib di terapkan secara internasional. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahpahaman dalam penyampaian pelaporan informasi keuangan, oleh sebab itu dibuat keseragaman dikalangan bisnis secara Internasional.

0 komentar:

Posting Komentar