Pages

Labels

Sabtu, 10 Desember 2011

Bab 12 Teknik Analistis Meramalkan Kas Perusahaan

1. Keuangan Perusahaan
Keuangan perusahaan atau yang lebih dikenal dengan corporate finance merupakan bidang keuangan berurusan dengan keputusan pendanaan perusahaan bisnis membuat dan alat dan analisis yang digunakan untuk membuat keputusan. 
Tujuan utama dari keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan sambil mengelola perusahaan keuangan risiko.












Keuangan perusahaan dibagi menjadi 3, antara lain :



























Divestasi
Adalah pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finansial atau barang,dapat pula disebut penjualan dari bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Ini adalah kebalikan dari investasi pada aset yang baru.
Beberapa motif perusahaan untuk divestasi, yakni:






- Untuk memperoleh keuntungan
- Jumlah nilai aset likuidasi pribadi perusahaan melebihi nilai pasar 







- Unit bisnis tersebut tidak menguntungkan lagi.














Metode Divestasi
Beberapa perusahaan menggunakan teknologi untuk memfasilitasi proses divestasi beberapa divisi. Mereka mempublikasikan informasi tentang divisi mana saja yang ingin dijual pada situs resmi sehingga dapat dilihat oleh perusahaan yang tertarik untuk membelinya.

Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu 
Dalam pasar modal Indonesia adalah hak yang diperoleh para pemegang saham yang namanya telah terdaftar dalam daftar pemegang saham suatu perseroan terbatas untuk menerima penawaran terlebih dahulu apabila perusahaan sedang mnejalani proses emisi atau pengeluaran saham-saham dari saham portopel atau saham simpanan. Hak tersebut diberikan dalam jangka waktu 14hari terhitung sejak tanggal penawaran dilakukan dan jumlah yang berhak diambil seimbang dengan jumlah saham yang mereka miliki secara proporsional.

Kebangkrutan
Kebangkrutan adalah ketidakmampuan yang dinyatakan secara legal oleh individu atau organisasi untuk membayar kreditur mereka. Kebangkrutan telah dicatat di Perjanjian Lama dan Timur Jauh.


2. Estimasi Penjualan
Peramalan penjualan merupakan ramalan unit dan nilai uang penjualan suatu perusahaan. Penyusunan perencanaan keuangan apabila disajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka pengembangan perusahaan usaha yang dilakukan. Apabila perencanaan keuangan dilakukan secara tepat maka pihak manajemen perusahaan mampu untuk berusaha secara maksimal dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.







3. Etimasi Produksi
Anggaran produksi adalah anggaran penjualan yang disesuaikan terhadap perubahan persediaan.

4. Estimasi Pembelian Bahan Langsung
Adalah pembelian barang secara langsung,baik berupa langsung maupun sistem online. Estimatis ini sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli, karena penjual bisa memprodukan barang dagangannya secara sistim online, dan si pembeli juga diuntungkan karena pembeli lebih berhemat waktu dan meminimalkan biaya perjalanan ketempat penjualan tersebut.

5. Estimasi Pemakaian Bahan Langsung
Adalah barang yang bisa langsung digunakan tanpa memerlukan proses terlebih dahulu, atau barang yang sudah dibeli bisa langsung digunakan, Contoh : pakaian,mobil,makanan dan minuman.

6. Upah Langsung
Adalah upah yang diberikan atasan atau manajer tanpa atau lewat perantara, upah ini diberikan langsung kepada orangnya langsung atau kepada karyawan itu sendiri. Upah langsung tidak dilakukan dengan sistem kartu kredit.

7. Estimasi Beban Fabrikase





Adalah estimasi yang menejlaskan tentang beban fabrikasi.

8. Estimasi Harga Pokok Penjualan
Adalah harga yang sudah mutlak atau harga pokok barang yang dijual tanpa bisa mengalami perubahan, harga ini sudah mutlak diberikan si penjual untuk si pembeli agar tidak terjadi negosiasi dalam penjualan.  

9. Estimasi Beban Penjualan





Adalah beban si penjual karena terdapat beberapa faktor yang membuat perusahaan atau si penjual oleh pihak pihak tertentu. Misalkan beban pajak, kerusakan barang, dan apapun yang membuat perusahaan menjadi beban.

10. Estimasi Beban Administrasi
Beban administrasi perusahaan yang fokus dari kepentingan politik pada saat ini.
Penyebab utama dari ukuran biaya administrasi di sektor pekerjaan sementara adalah :
- Tingginya jumlah pekerja dan tingginya laju perubahan pekerjaan sementara dan tingginya laju perubahan 
   pada pekerja pekerjaan sementara.
- Perubahan undang-undang banyak dan perubahan kecil yang menghadapi sektor pekerjaan sementara.
- Penerapan sistem pembayaran remunerasi mingguan,yang melekat pada penggunaan pekerja flex.

11. Estimasi Laba Rugi
Adalah laporan keuangan suatu perusahaan yang mneunukan keuntungan atau kerugian,dimana semua laporan keuangan ditunjukan pada estimasi ini, karena dengan estimasi ini perusahaan ini bisa mengetahui apakah perusahaan ini mendapatkan keuntungan atau memperoleh kerugian.

12. Estimasi Kas













Adalah laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang dimiliki oleh perusahaan itu, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berpa ajumlah uang atau kas yang ada.  tersebut memperoleh keuntungan atau kenaikan kas atau bahkan memperoleh penurunan kas.














































Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar